web 2.0

Tuesday, December 8, 2009

Ada tiga saksi: Bapa, firman dan roh kudus

Ayat No. 4

"For there are three that bear record in heaven, the Father,
the Word, and the Holy Ghost, and these three are one."  I John 5:7.
“Ada tiga saksi: Bapa, firman dan roh kudus dan mereka adalah satu” I Yoh 5:7
(dalam ITB Cuma sampai ’tiga saksi’ tanpa menyertakan kalimat selanjutnya)

Diartikan oleh ’orang dengan iman yang luar biasa’ : ayat ini mendukung doktrin Trinitas.

Kajian No. 4

Teks yang dikutip diatas memang muncul dalam KJV tapi telah dibuang dari versi-versi yang lebih baru. Teks tersebut tidak muncul dalam NASB (New American Standard Bible), New English Bible, New Revised Standard Version (Catholic Edition), Revised English Bible, NIV (New International Version) dan banyak edisi revisi lainnya karena bagian yang dikutip tidak terdapat dalam manuskrip yunani yang lebih tua.

Sejarawan masyhur Edward Gibbon menyebut penyisipan tersebut sebagai sebuah "Pious Fraud" –penipuan yang ‘salih’- dalam buku sejarahnya yang terkenal “Decline and Fall of Roman Empire".

Peak's commentary;
"The famous interpolation after "three witnesses" is not printed even in RSV., and rightly. It cites the heavenly testimony of the Father, the logos, and the Holy Spirit, but is never used in the early trinitarian controversies. No respectable Greek MS contains it. Appearing first in a late 4th-cent. Latin text, it entered the Vulgate and finally the NT of Erasmus."

Ayat Pendukung:

Ini adalah ayat 8, ayat berikutnya yang terdapat dalam Kings James Version;
"And there are three that bear witness in earth, the spirit, and the water, and the blood; and these three agree in one."

“Roh Allah, air dan darah—ketiga-tiganya memberikan kesaksian yang sama.”

Apakah tiga saksi ini setara (co-equal)? Apakah darah bisa digantikan air? Apakah Air dapat dianggap sama dengan Roh dalam segala hal? Seperti halnya Roh, air dan darah adalah tiga entitas yang terpisah, demikian pula kesaksian tiga yang pertama: Bapa, Anak dan Roh Kudus.

------------------
diterjemahkan secara bebas dari mostmerciful.com




0 comments:

Post a Comment

Post a Comment