web 2.0

Tuesday, December 8, 2009

Sebelum Abraham jadi, Aku telah ada

Ayat No. 8

When confronted by Jews; Jesus said unto them, "Verily, verily, I say unto you, Before Abraham was, I am." (John 8:58)
Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.” Yoh 8:58

Diartikan oleh "orang dengan iman yang luar biasa": Ini membuktikan;

a) Yesus eksis sebelum kelahirannya. 
b) Yesus adalah entitas yang sama yang menjawab Nabi Musa ketika dia bertanya pada Tuhannya, siapa namaNya? Tuhan menjawab; "I AM THAT I AM." (Exodus 3:14). >> "Aku adalah aku" (Keluaran 3:14)

Jawaban No. 8

a) Yesus dikuduskan Tuhan sebelum dia lahir, begitu pula dengan nabi yeremia. Bibel mencatat, Tuhan datang pada yeremia dan berkata padanya “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.” Yer. 1:5. 

Tuhan 'mengasihi' nabi pilihannya sebelum mereka lahir. Bible menyatakan Tuhan mengasihi Yesus sebelum dunia dijadikan (Yoh 17:24). Perbuatan mengasihi oleh entitas yang disebut Tuhan ini, tidak diragukan lagi membuktikan bahwa Yesus bukan Tuhan itu sendiri, sebelum dia lahir ataupun setelah dia lahir. Yesus benar-benar sebuah entitas yang terpisah dimana 'dikasihi' oleh Tuhan. Catat ayat ini untuk orang-orang yang jujur dan berpikiran terbuka. 

Melkisedek dari Salem adalah imam abadi yang tidak berawal dan akhir (Ibrani. 7:1-3). Tidak ada Kristen yang akan mengakui bahwa dia adalah Tuhan. Jadi bagaimana bisa Yesus, yang mengklaim keberadaannya sebelum abraham?

b) Keseluruhan konsep tersebut adalah didasarkan pada prakiraan/dugaan sederhana. Dalam catatan kaki Keluaran 3:14 editor K.J.V. menulis;

"Jesus probably alluded to this name of God in John 8:58, 'Before Abraham was, I AM."
"Yesus mungkin dikaitkan dengan nama Tuhan ini dalam Yoh 8:58 sebelum Abraham jadi, Aku ada"

Penggunaan frase "probably alluded" -mungkin dikaitkan- mengindikasikan bahwa hal tersebut bukan menyatakan kebenaran atau suatu kepastian.

58  ειπεν αυτοις ο ιησους αμην αμην λεγω υμιν πριν αβρααμ γενεσθαι εγω ειμι

transliterasi:
58 eipen autois tsb=o iêsous amên amên legô umin prin abraam genesthai egô eimi

Kata-kata yunani "ego eimi" di sini diterjemahkan "I Am" -Aku ada-. adahal, terjemahan bahasa yang disebut dalam catatan langsung New American Standard Bible adalah; "I have been" -Aku telah ada-

Ayat pendukung:

Mengulang frase yang sama 'I am' Yesus berkata; "I am (he),  and that I do nothing on my own; but as my Father has taught me, I speak these things." (John 8:28).

Tuhan Musa tidak punya pembimbing. Jika ada, seharusnya ada entitas/oknum yang disebut 'Pembimbing Tuhan' atau 'Mentor Tuhan' atau 'Guru Tuhan' atau semacamnya.


------------------
diterjemahkan secara bebas dari mostmerciful.com

0 comments:

Post a Comment

Post a Comment