web 2.0

Tuesday, December 8, 2009

Ya Tuhanku dan Allahku!

Ayat No. 6

Thomas said to Jesus; "My Lord and my God." John 20:28
Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!” Yoh 20:28

Diartikan oleh "orang dengan iman yang luar biasa": Karena Yesus tidak memarahi Tomas ketika mendengar pernyataan eksplisit yang menyatakan yesus adalah Tuhan, membuktikan bahwa ia memang Tuhan.

Kajian No. 6

Ini adalah keseluruhan teks dari NASB 'New American Standard Bible' John 20 : 27-28:

"Then he (Jesus) said to Thomas, 'Reach here your finger, and see my hands, and reach here your hand, and put it into my side; and be not unbelieving, but believing.' Thomas answered and said to him, 'My Lord and my God!'"

Silahkan amati 'tanda seru' (!) di akhir frase tersebut. KJV telah membuang tanda seru tersebut.

Silahkan amati bahwa tidak ada pertanyaan dalam keseluruhan narasi. Jadi teks  "Thomas answered" tidak akurat.

Akhir frase tersebut "My Lord and my God!" bukanlah sebuah jawaban tetapi sebuah luapan perasaan Tomas yang melihat sesuatu yang sulit dijelaskan dan mengherankan. Bukan sesuatu yang aneh bila sesorang berteriak "O' my God!" ketika melihat sesuatu yang aneh.

Di bawah ini adalah teks dari dua versi Bibel yang punya reputasi yang mendukung apa yang Tomas katakan bukan sebuah jawaban dari pertanyaan apa pun.

'New English Bible': Thomas said, "My Lord and my God!"

'Phillips Modern English Bible': "My Lord and my God!" cried Thomas.

Ayat Pendukung:

Rasul Yohanes menulis, segera setelah percakapan Yesus dan Thomas, "Many other signs therefore Jesus also performed in the presence of the disciples,which are not written in this book; but these have been written that you may believe that Jesus is the Christ."

"Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias," Yoh 20: 30-31

Jika Yohanes menerima jawaban Tomas sebagai kesaksian 'Ketuhanan Yesus' dan mengamati sikap diamnya yesus sebagai persetujuan atas kesaksian Tomas, kemudian mengapa Rasul Yohanes tidak akan mengatakan pada kita untuk mempercayai bahwa "Jesus is the God", bukan "Jesus is the Christ" seperti dalam ayat di atas??


------------------
diterjemahkan secara bebas dari mostmerciful.com

1 comments:

Unknown said...

hye..aku nak tanya sikit...kau kristian ka? kenapa ayat kau mensyirikkan allah...kau siapa? sujud lah pada allah....asagfirullah...

Post a Comment

Post a Comment